Selamatkan uang receh anda


Hati-hati dengan setiap pengeluaran kecil, karena kebocoran kecil bisa menenggelamkan sebuah kapal besar.
Begitulah saran Benjamin franklin, salah seorang sejarawan dan ilmuwan AS tentang financial.
Jangan anggap sepele pengeluaran kecil, karena bisa membuat kita berada dalam krisis financial. Mulai sekarang selamatkan uang receh anda, ini akan membantu anda membeli produk sesuai dengan budget anda. Bila perlu bandingkan harga dari brand berbeda, meski pun selisih harganya hanya Rp500, tetapi bisa membantu anda mengurangi pengeluaran.
Ada pun cara untuk mambantu penghematan tersebut


·       Berani komplain
Sebagai konsumen, Anda punya hak untuk merasa puas dengan suatu produk atau pun jasa yang akan di beli. Jadi jika membeli suatu barang atau produk yang dianggap cacat , sebaiknya di kembalikan dan minta ditukar dengan yang baru dan memenuhi kriteria produk bagus.
Tetapi kita merasa tidak enak hati untuk menukarnya. Padahal inilah yang akhirnya membuat kita mesti mengeluarkan uang untuk yang kedua kalinya untuk membeli produk yang sama.


·         Minta Uang kembalian taksi
Sekarang ini banyak supir taksi yang seenaknya menggenapkan biaya taksi/ongkos taksi. Yang tadinya Rp.35.500 menjadi Rp.40.000. Padahal Kita berkewajiban untuk membayar ongkos taksi sesuai dengan argo taksinya.
Karena itu jika anda keberatan, sah-sah saja untuk meminta kembalian. Tetapi kalau anda berniat memberikan tip, hak anda  juga untuk menentukan berapa besar tip yang anda berikan.


 
·        Menghemat pulsa handphone
Setiap pulsa habis, apakah anda segera mengisi pulsa? Ya, pasti jawaban yang anda jawab. Anda segera mengisi pulsa pada handphone anda jika pulsa tersebut habis. Begitu seterusnya yang anda lakukan jika pulsa anda habis. Tanpa terasa uang yang dikeluarkan terus untuk membeli pulsa melebihi budget. Jadi, ada baiknya sekarang
Memasukan anggaran pulsa dalam perencanaan keuangan bulanan.


·        Matikan Lampu
Terkadang kita lumpa mematikan lampu kamar mandi dan garasi anda yang tak terpakai atau tetap menyala di siang hari. Mulai sekarang coba deh lebih rajin untuk mematikan lampu untuk menghemat biaya tagihan listrik anda. Jika tagihan bulan lalu lebih besar daripada bulan ini, akan ada uang lebih untuk bisa anda simpan.


·        Belanja sekali jalan
Biasakan membeli semua kebutuhan sebulan dengan sekali jalan, jangan belanja kebutuhan anda secara mingguan, karena semakin sering anda belanja maka makin banyak biaya yang anda keluarkan dalam waktu sebulan ini. Dan semakin banyak biaya transportasi karena seringnya anda pergi ke supermarket.

Semoga tips ini akan membantu anda dalam menghemat biaya dan mengurangi pengeluaran anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar