Tugas pengantar bisnis minggu ke-5

1. SEBUTKAN FUNGSI MANAJEMEN DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA 
    MANFAATNYA?
      *Perencanaan (PLANNING)
                  Adalah proses dasar manajemaen untuk menentukan tujuan dan langkah langkah
                  yang harus dilakukan agar tujuan dapat tercapai.
      
      * Perngorganisasian (Organizing)
                  Adalah keseluruhan proses pengelompokan orang orang, alat alat, tugas, tanggung jawab dan
                  wewenang sehingga tercipta suatu kesatuan yang dapat digerakan untuk mencapai tujuan yang
                  telah di tetapkan.

      *Pelaksanaan (Actuating)
                  Adalah suatu funggsi manajemen dasar untuk menggerakan orang-orang agar bekerja sesuai
                  dengan tujuan yang telah di tetapkan.

      *Pengawasan (Controlling)
                  Adalah tindakan meneliti apakah segala sesuatunya telah tercapai atau berjalan sesuai dengan
                  rencana yang telah ditetapkan.



2. APA  CIRI MANAJER  PROFESIONAL  BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG 
    BERKAITAN:
             -DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
             - DENGAN INFORMASI 
             - DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN 


-Hubungan antar pribadi
  • Pemimpin lambang  (figurehead)
                  Kepala simbolis : diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan 
                                             social.
  •   Pemimpin  (leader)
        Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan para bawahan : bertanggung jawab untuk 
        mengisis posisi yang kosong melatih dan tugas-tugas terkait.

  • Penghubung (liaison) 
                   memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan 
                   maupun informasi. 
 
 
-Hubungan Informasi
  •  Pemantau (Monitor) :
      Sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi.
 
  •  Penyebar (Dissiminator) :
      Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi.
 
  •  Jurubicara (Spokesperson) :
      Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil 
      organisasi.


-Hubungan pengambilan keputusan
  • Wirausaha (Entrepreneur) :
        Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek-proyek 
        perbaikkan” untuk menimbulkan perubahan 

  • Pengendali Gangguan (Disturbance Handler) : 
               Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan 
               penting.

  • Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator) : 
               Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi
  •  Perunding (Negotiator) 
               Mewakili organisasi pada perundingan- perundingan utama.


 3) SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI ?
          *Organisasi Garis                  Adalah bentuk organisasi dimana wewenang pimpinan langsung ditunjukan kepada bawahan,
                 bawahan bertanggung jawab langsung pada atasannya.

          *Organisasi Fungsional

                  Organisasi yang disusun berdasarkan sifat dan jenis fungsi yang harus dilaksanakan


          *Organisasi Garis dan staff
                  Adalah bentuk organisasi yang memberi wewenang pada pimpinan untuk memberi komando
                  pada bawahan dan pimpinan dibantu oleh staf di dalam pelaksanaan tugasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar