Jabatan Kepala Manajer Akuntansi dan Keuangan

Jabatan Manajer Akuntansi dan Manajer Keuangan


Makalah
Ditulis untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Etika Profesi Akuntansi
Dosen : Evan Indrajaya





Oleh

TUTI AMALIAH
28210302
4EB21




PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2012

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Dalam memasuki era globalisasi dan perdagangan bebas (AFTA) di segala bidang, Indonesia harus mampu bersaing dengan negara-negara lain, terutama dalam bidang usahanya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka setiap perusahaan harus mempunyai kualitas Sumber Daya Manusia yang baik dari segi pendidikan, keahlian atau pun keterampilan dalam melaksanakan tugasnya, serta kualitas Sumber Daya Alamnya. Kualitas Sumber Daya Manusia yang baik dalam arti membutuhkan keahlian manajer dan karyawan. Manajer yang bertanggungjawab dalam merencanakan, mengarahkan, mengevaluasi, dan memonitor sistem yang ada di perusahaan.
Peranan manajer dalam suatu perusahaan sangatlah penting karena keberadaannya yang menjadi palang pintu keberhasilan dalam perusahaan. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Berbagai kemampuan memang harus dimiliki oleh sesorang manajer, yaitu dalam kemampuan multidimensi seperti teknologi, bisnis, manajemen, dan kepemimpinan.
Adapun macam-macam manajer dalam perusahaan, yaitu manajer organisasi, manajer keuangan, manajer akuntansi, manajer bisnis, dan sebagainya. Penulis mengambil salah satu contoh macam untuk penulisan ini, yaitu manajer akuntansi dan manajer keuangan. Oleh karena itu, dalam Penulisan ini penulis tertarik untuk mengambil judul “JABATAN MANAJER AKUNTANSI DAN MANAJER KEUANGAN”.


1.2    Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang terdapat dalam penulisan ini :
1.    Apa tugas, dan wewenang dari manajer akuntansi dan manajer keuangan?
2.    Apa tanggung jawab dari seorang manajer akuntansi dan manajer
       keuangan?

1.3    Batasan Masalah
Adapun batasan masalah yang terdapat dalam penulisan ini, yaitu dalam lingkungan perusahaan. Lingkungan perusahaan yang mempunyai manajer yang berfungsi baik, efektif dan efisien.

1.4    Tujuan Penulisan
1.    Menjelaskan bagaimana tugas, dan wewenang dari manajer akuntansi dan
       manajer keuangan.
2.    Menjelaskan tanggung jawab dari manajer akuntansi dan manajer keuangan.

BAB 2
PEMBAHASAN

2.1    Pengertian Manajer Akuntansi dan Manajer Keuangan
Manajer akuntansi dan manajer keuangan dalam arti sama dengan manajemen akuntansi dan manajemen keuangan. Manajer Akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi financial yang digunakan oleh sesorang untuk perencanaan, evaluasi, pengendalian dalam suatu organisasi, serta untuk menjamin ketepatan penggunaan sumber-sumber dan pertanggung jawaban sumber-sumber tersebut.
Manajer keuangan adalah perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencariaan, dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Seorang manajer keuangan dalam perusahaan harus mengetahui bagaimana mengelola segala unsure dan segi keuangan, hal ini wajib dilakukan karena keuangan merupakan salah satu fungsi penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

2.2    Tugas dan Wewenang Manajer Akuntansi dan Manajer Keuangan 
Seorang manajer dalam perusahaan harus mengetahui bagaimana tugas, wewenang dan hak untuk menjadi seorang manajer, dikarenakan untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Berikut ini tugas yang harus diketahui oleh manajer akuntansi dan manajer keuangan :
1.    Mengkoordinasi perencanaan anggaran di tingkat Sekretariat Eksekutif
2.    Mengembangkan format-format pengajuan dan pertanggungjawaban
       keuangan
3.    Melakukan rekonsialisi keuangan
4.    Mengkoordinasi pelaksanaan audit
5.    Melakukan sistem pencatatan keuangan di tingkat Sekretariat
6.    Membuat laporan secara periodik kepada Sekretaris Eksekutif  berdasarkan 
       pertanggungjawaban masing-masing bidang kerja
7.    Melaksankan penyimpanan dokumen penting dan dokumen berharga milik
       Sekretariat
8.    Merencanakan dan memelihara system kompensasi bagi kesejahteraan staf
       sekretariat
9.    Melakukan rapat kordinasi ditingkat unit kerja atau antar bidang kerja
10.  Mengembangkan gagasan dan system penggalangan dana untuk
       kemandirian  secretariat.
Setelah mengetahui tugas dari manajer akuntansi dan manajer keuangan, kita harus mengetahui wewenang dari manajer akuntansi dan manajer keuangan. Berikut ini wewenang dari manajer akuntansi dan manajer keuangan :
1.    Bertanggung jawab terhadap wakil direktur
2.    Merencanakan, mengendalikan, dan membuat keputusan atas semua aktivis
       akuntansi
3.    Masing-masing cabang memiliki satu manajer akuntansi dan manajer
       keuangan
4.    Mengkoordinir, mengatur dan mengawasi kegiatan keuangan di perusahaan
5.    Menetapkan besarnya anggaran yang dibutuhkan setiap divisi
6.    Menerima laporan mengenai arus kas yang keluar dari atau masuk ke
       perusahaan

2.3    Tanggung jawab manajer akuntansi dan manajer keuangan
Tanggung jawab dari manajer akuntansi adalah :
1.    Merencanakan strategi akunting perusahaan secara tepat sesuai strategi 
       bisnis perusahaan
2.    Mengontrol dan mengevaluasi pencatatan neraca R/L dan aktivitas akunting
       lainnya agar dapat berjalan secara tepat dan akurat
3.    Mengevaluasi dan menganalisa implementasi sistem akunting untuk
       memberi masukan terhadap sistem keuangan dan strategi bisnis
4.    Mengarahkan fungsi dan kinerja unit dan bagian akunting agar dapat
       berjalan optimal dan meningkatkan kinerja SDM akunting
5.    Menjalankan tugas-tugas terkait lainnya dalam upaya pencapaian target
       perusahaan

Dan adapun tanggung jawab dari manajer keuangan :
a.    mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat
b.    mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan pelaporan  dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu dan sesuai dengan peraturan pemerntah yang berlaku.
c.    merencanakan dan menkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan.
d.    merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan dan mengontrol penggunaan anggaran.
e.    merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi serta mengontrol pelaksanaanya.
f.    mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa  keuangan.
g.    merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan.

2.4    Fungsi Manajer Akuntansi dan Manajer Keuangan
Fungsi dari manajer akuntansi dan manajer keuangan adalah membantu Direktur Keuangan dan Akuntansi dalam memimpin, menerapkan pedoman sistem akuntansi yang telah ditetapkan agar menghasilkan informasi yang berguna baik bagi manajemen dalam menjalankan fungsinya maupun diperlukan untuk melaporkan operasi perusahaan kepada pihak luar serta menjamin terciptanya pengawasan intern (internal control) perusahaan.

2.5    Bagian yang terkait membantu manajer akuntansi dan manajer keuangan
Bagian yang terkait membantu manajer akuntansi dan manajer keuangan adalah chief accountant dan chief financial officer (cfo). Jabatan setingkat pengelola disebut “chief.” Jabatan manager hanya digunakan dalam wilayah keuangan, misalnya: financial manager, credit manager, purchasing manager, inventory/warehouse manager, dan lain sebagainya.
Chief accountant adalah jabatan setingkat pengelola di suatu perusahaan terutama bertanggung jawab untuk mengelola aktivitas akuntansi dalam perusahaan.
tugas chief accountant kurang-lebih sebagai berikut:
•    Mengawasi pelaksanaan administrasi dan akuntansi sehari-hari yang dijalankan oleh beberapa akuntan—mulai dari pengumpulan dan pemilahan bukti transaksi, penghitungan, hingga input data ke dalam sistim—sesuai prosedur yang telah ada.
•    Melakukan review harian terhadap akun kas, review mingguan terhadap akun putang dan utang, serta review bulanan untuk semua akun.
•    Mengawasi pengumpulan data dan perhitungan cost di produksi telah sesuai dengan metode yang ditentukan (saat itu memakai standard costing.)
•    Melakukan rekonsiliasi atas semua akun (nominal dan permanent) setiap menjelang tutup buku, termasuk memberikan approval terhadap berbagai penyesuaian dan koreksi yang dibutuhkan—agar catatan mewakili kejadian transaksi yang sesungguhnya dengan akurat.
•    Memastikan laporan kas harian, mingguan dan laporan arus kas bulanan yang dibuat oleh cash accountant sudah akurat. Memastikan laporan piutang dan utang mingguan sudah akurat. Memastikan laporan persediaan harian dan mingguan telah akurat. Memastikan laporan aktiva tetap bulanan telah akurat. Dan, memastikan semua laporan tersebut telah sesuai dengan standar akuntansi yang ada.
•    Mengkoordinasikan proses penyusunan dan penyajian laporan keuangan untuk kebutuhan internal (manajemen) serta mempresentasikannya sewaktu-waktu bila pihak manajemen membutuhkan.
•    Menyusun dan menyajikan laporan keuangan untuk asersi manajemen untuk pihak luar, baik komersial maupun fiscal (Laporan Laba-Rugi, Neraca, Laporan Perubahan Modal, dan Laporan Arus Kas) secara tahunan.
•    Memberikan support dan assistensi yang maksimal bagi semua bagian di dalam perusahaan terkait dengan masalah adminsitrasi, data, serta analisa laporan keuangan, guna pencapaian target dan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
•    Mengawasi dan mengkoordinasikan penumpulan data, bukti transaksi hingga pelaporan pajak perusahaan (untuk semua jenis pajak.) Serta memastikan laporan fiskal telah sesuai dengan Undang-Undang Pajak yang berlaku, dan bisa dibandingkan dengan laporan komersial (setelah koreksi fiskal.)
•    Memberikan asistensi dan support yang efektif bagi auditor independent dan pemeriksa dari Dirjen Pajak bila dibutuhkan.
•    Memberikan training, pengarahan, panduan, dan bimbingan bagi semua staf di bagian accounting terkait hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan perusahaan sehari-hari—agar bisa menjalankan tugas dan fungsi seperti yang diharapkan oleh perusahaan.
•    Menjadi role-model dan mentor bagi semua staf di bagian accounting.
Untuk menjalankan tugas dan pekerjaan tersebut, sebagai chief accountant, dibantu oleh beberapa staf:
•    Cash Accountant
•    Account Receivable Accountant
•    Account Payable Accountant
•    Cost and Inventory Accountant (Rangkap)
•    Fixed Asset and Payroll Accountant (Rangkap)
•    Tax Accountant
Chief Financial Officer adalah jabatan di suatu perusahaan terutama bertanggung jawab untuk mengelola resiko keuangan korporasi. Pejabat ini juga bertanggung jawab untuk perencanaan keuangan dan pencatatan, serta pelaporan keuangan untuk manajemen yang lebih tinggi. Dalam beberapa sektor CFO juga bertanggung jawab untuk analisis data. Jabatan ini setara dengan direktur keuangan.


BAB 3
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
 1.  Berikut ini tugas yang harus diketahui oleh manajer akuntansi dan manajer
  keuangan :
•    Mengkoordinasi perencanaan anggaran di tingkat Sekretariat Eksekutif
•    Mengembangkan format-format pengajuan dan pertanggungjawaban keuangan
•    Melakukan rekonsialisi keuangan
•    Mengkoordinasi pelaksanaan audit
•    Melakukan sistem pencatatan keuangan di tingkat Sekretariat
•    Membuat laporan secara periodik kepada Sekretaris Eksekutif  berdasarkan   pertanggungjawaban masing-masing bidang kerja
•    Melaksankan penyimpanan dokumen penting dan dokumen berharga milik  Sekretariat
•    Merencanakan dan memelihara system kompensasi bagi kesejahteraan staf sekretariat
•    Melakukan rapat kordinasi ditingkat unit kerja atau antar bidang kerja
•    Mengembangkan gagasan dan sistem penggalangan dana untuk kemandirian  secretariat.

 Berikut ini wewenang dari manajer akuntansi dan manajer keuangan :
1.    Bertanggung jawab terhadap wakil direktur
2.    Merencanakan, mengendalikan, dan membuat keputusan atas semua aktivis akuntansi
3.    Masing-masing cabang memiliki satu manajer akuntansi dan manajer keuangan
4.    Mengkoordinir, mengatur dan mengawasi kegiatan keuangan di perusahaan
5.    Menetapkan besarnya anggaran yang dibutuhkan setiap divisi
6.    Menerima laporan mengenai arus kas yang keluar dari atau masuk ke perusahaan

2.  Tanggung jawab dari manajer akuntansi adalah :
1.    Merencanakan strategi akunting perusahaan secara tepat sesuai strategi bisnis perusahaan
2.    Mengontrol dan mengevaluasi pencatatan neraca R/L dan aktivitas akunting lainnya agar dapat berjalan secara tepat dan akurat
3.    Mengevaluasi dan menganalisa implementasi sistem akunting untuk memberi masukan terhadap sistem keuangan dan strategi bisnis
4.    Mengarahkan fungsi dan kinerja unit dan bagian akunting agar dapat berjalan optimal dan meningkatkan kinerja SDM akunting
5.    Menjalankan tugas-tugas terkait lainnya dalam upaya pencapaian target perusahaan

Dan adapun tanggung jawab dari manajer keuangan :
a.    mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat
b.    mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan pelaporan  dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu dan sesuai dengan peraturan pemerntah yang berlaku.
c.    merencanakan dan menkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan.
d.    merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan dan mengontrol penggunaan anggaran.
e.    merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi serta mengontrol pelaksanaanya.
f.    mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa  keuangan.
g.    merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan.

3.2  Saran
a.    Sesuai dengan saran yang terdapat dalam kesimpulan, perusahaan baik manajer dan karyawannnya harus melakukan kegiatannya sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Untuk menjamin tujuan yang lebih efektif dan efesien.
b.    dan manajer juga harus bertanggung jawab sesuai dengan tanggungannya masing masing. Baik manajer akuntansi maupun manajer keuangan

DAFTAR  PUSTAKA
http://www.portalhr.com/gudang-data/job-description/accounting-manager/
http://jurnalakuntansikeuangan.com/2012/03/accounting-manager-vs-chief-accountant-bingung-com/
http://manajemenkeuanganakuntansi.blogspot.com/2012/11/uraian-tugas-manager-keuangan-dan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Chief_financial_officer
http://tabloidjubi.com/z/index.php/2012-10-23-00-07-55/pengumuman/21222-manajer-keuangan-dan-akuntansi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar